Set Item Bisa Jadi Menentukan Kemenangan di Mobile Legends

By | May 7, 2018

Pernah enggak, sih, lo kalah pas duel satu lawan satu sama musuh yang levelnya setara atau bahkan lebih rendah? Bisa jadi musuh yang lo lawan udah ngejadiin item sesuai kebutuhan dan kemampuannya, dibanding lo yang menggunakan set item bawaan.

Ada banyak hal lain lagi yang harus lo perhatiin agar item yang lo pilih dan kemampuan lo beserta hero yang lo gunakan saling berkesinambungan. Apa aja, sih, hal-hal penting yang wajib dipahami terkait item di Mobile Legends?

1. Pelajari Efek Unik dan Pasif Item

Gamer Mobile Legends suka lupa bahwa setiap item punya efek unik selain nambahin statistik hero. Efek unik ini sebenarnya berguna sebagai efek tambahan untuk statistik hero lo. Beberapa item pun bisa punya lebih dari satu efek unik atau unik pasif.

Baca Juga: Alpha Mobile Legend Hero Pembunuh Musuh

Ambil contoh Windtalker. Item ini punya dua efek unik pasif berupa tambahan 125 magic damage ke tiga musuh setelah serangan keempat ditambah dengan efek berantai dari dari efek unik pasif pertama. Efek unik pasif ini yang jarang disadarin, namun sangat berpengaruh terhadap kinerja lo di arena pertandingan.
Contoh lainnya, efek unik pasif dari item jungling yang menambah raihan EXP lo pas menghabisi monster hutan. Item jungling juga punya efek tambahan damage khusus untuk monster hutan. Kalau lo memang berniat untuk jungling dari awal, sebaiknya pilih set itemjungling agar level naik lebih cepat.

2. Sesuaikan Kemampuan Lo dan Hero yang Lo Gunain

Abis lo paham sama efek unik pasif pada sebuah item, hal yang harus lo pahami selanjutnya adalah fungsi item yang harus disesuaikan dengan kemampuan lo dan hero yang lo gunakan. Misalnya, lo punya gaya defensif. Item yang harus lo pilih pun harus yang mendukung kemampuan bertahan. Vice versa. Kalau lo suka nyerang musuh sendirian, enggak usah ragu untuk pilih item ofensif.
Pilihan item juga enggak selalu harus ngikutin role hero yang lo gunakan. Hero support seperti Nana sering banget disandingin sama item physical damage yang juga biasa digunain oleh hero Marksman seperti Layla atau Miya Meski terkesan salah alamat, strategi ini nyatanya cukup efektif naikin daya serang Nana dibanding harus menggunakan item khusus magis.

Nah, ini dia kesalahan yang sering banget dilakuin pemain Mobile Legends, khususnya pemula. Mobile Legends sendiri menyediakan fitur rekomendasi set item yang digunakan top player atau item terpopuler. Nah, karena enggak mau ribet, banyak pemain yang asal memilih set item karena popularitasnya aja.
Harus lo pahamin, jadi follower itu enggak selalu berujung baik. Set item top player memang bisa membantu lo untuk rekomendasi item pilihan. Pertanyaannya, apakah gaya main dan kebutuhan lo sama kayak sang top player? Bisa jadi lo lebih prioritasin regen HP dengan item Haas’s Claw dibanding fokusin damage dengan item Berserker Fury. Intinya, semuanya bergantung kemampuan dan kebutuhan lo sebagai pemain. Set item top player boleh lo jadiin rekomendasi. Akan tetapi, jangan ragu juga untuk memodifikasinya kalau lo ngerasa kurang sreg.

3. Fleksibel sesuai kebutuhan dan situasi

Dalam pertandingan, ada saatnya lo harus mengganti set item yang udah lo pilih sebelum bertanding. Wajar aja karena dalam pertandingan, semua kemungkinan bisa terjadi. Misalnya, lo udah pilih set item khusus jungling, tapi monster hutan udah dibabat habis sama hero teman atau musuh. Jika hal ini terjadi, jangan ragu buat buka boks item yang ada di pojok kanan atas layar lo. Sebaiknya lo ganti susunan item lo menjadi item non-jungling agar lebih efektif dalam menghabisi minion atau hero musuh.
Ada juga contoh kasus lainnya saat lo harus ganti strategi dan prioritas. Misalnya, saat early game lo keteteran gara-gara lo harus ngadepin hero hitter ber-damage sakit. Daripada lo jadiin item khusus damage, ada baiknya lo pilih item yang bisa regen HP lo, misalnya kayak Haas’s Claw yang berguna buat nyerang sekaligus nyembuhin darah.
Ada saatnya juga lo harus prioritasin item sesuai strategi atau role yang lo dan rekan setim lo pilih. Kalau lo mau pertandingan cepat selesai, sebaiknya prioritasin item damage atau critical seperti Berserker’s Fury atau Scarlett Phantom (khusus untuk hitter). Kalau lo memang ngerasa enggak mampu selesai cepat, pilih item yang bisa memberikan lo daya serang yang terus-terusan seperti Blade of Despair.

4. Agresif Farming atau Jungling dari Awal

Saat pertandingan, jungling maupun farming adalah hal yang sangat wajib lo perhatikan agar item lo cepat jadi. Khususnya jungling yang bisa lebih cepat naikin level dan nambah Gold dibanding farming Minion. Strategi ini berlaku khusus untuk hero yang damage atau HP rendah seperti Assassin atau Marksman. Sedangkan untuk hero Tank atau Support, cukup rajin farming untuk cepat naikin level dan jadiin item.
Sepanjang pertandingan, jangan pernah berhenti untuk ngebabat habis Minion atau monster hutan yang lo lewatin. Jika enggak ada hero musuh di sekitar lo, Minion adalah prioritas utama. Begitu jika ada hero musuh yang agresif dan lebih kuat, sebisa mungkin lo mundur sambil cicil Minion. Kalau memang lo ngerasa kuat dan bisa ngebunuh hero musuh, enggak usah ragu untuk kejar lalu habisi, baru ngebabat Minion.
Farming atau jungling bisa dibilang juga jadi kunci untuk menjadi seorang Carry. Kalau hero lo punya potensi jadi Carry, farming adalah hal yang wajib lo lakukan. Enggak guna kalau lo cuma roaming tanpa farming. Ada kemungkinan musuh naik level atau jadiin item lebih cepat dibanding lo atau hero teman setim.

6. Dicicil Aja

Dalam jagat Mobile Legends, item sangat berpengaruh pada jalannya pertandingan, selain kemampuan pemain tentunya. Semakin cepat lo ngejadiin dan bagus item yang lo pilih, hero yang lo gunakan akan semakin kuat dan bisa membawa tim menuju kemenangan. Bagus atau jeleknya item pun enggak bergantung pada kualitas item itu sendiri. Semuanya tergantung dari strategi lo dalam menyusun item yang sesuai dengan kemampuan serta kebutuhan lo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *