Tutorial Cara Mudah Reset BIOS Komputer

By | October 17, 2018

Reset BIOS komputer memang cukup jarang dilakukan, namun hal ini kiranya perlu diketahui dan dipelajari oleh pengguna komputer. Pasalnya, ada beberapa permasalahan yang timbul akibat BIOS komputer eror. Salah satu diantaranya adalah komputer tidak bisa booting.

BIOS pada dasarnya adalah sistem operasi dasar komputer sebelum sistem operasi inti seperti windows, mac, linux dan lain sebagainya. BIOS system ini terpasang pada ROM atau Flash Memory dalam bahasa assembly.

Diantara fungsi BIOS sistem ini adalah untuk inisialisasi dasar perangkat – perangkat keras yang terpasang pada komputer. Kemudian fungsi lainnya yaitu melakukan konfigurasi dasar komputer saat booting menuju sistem operasi intinya.

Wajar saja, apabila BIOS eror, komputer juga akan mengalami kegagalan dalam booting. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan Reset BIOS yang akan kita pelajari pada kesempatan kali ini.

Cara Reset BIOS Paling Mudah

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mereset BIOS. Namun diantara cara yang paling mudah adalah sebagai berikut :

  • Jika komputer anda dalam kondisi aktif, maka shutdown terlebih dulu.
  • Tunggu hingga komputer benar – benar mati
  • Agar lebih aman, hilangkan juga listrik statis yang mungkin masih terdapat pada komputer dengan melepas kabel Power di bagian belakang.
  • Tunggu beberapa menit, kemudna anda bisa melepas casing komputer anda dengan hati – hati.
  • Silahkan anda cari baterai CMOS yang terpasang di Motherboard komputer anda. Anda tidak akan sulit menemukannya, sebuah baterai keping lingkaran sebesar koin dengan warna mengkilat
    cara reset bios
  • Lepaskan baterai CMOS dengan perlahan, tentu anda tidak akan sulit melepasnya karena baterai ini terpasang dengan sistem yang cukup sederhana.
  • Jika sudah anda lepaskan, tekan tombol power CPU dan tahan beberapa detik. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan memory CMOS dan sekaligus berfungsi sebagai Reset BIOS.
  • Selanjutnya, anda bisa pasang kembali baterai CMOS dan pastikan anda memasangnya dengan benar.
  • Pasang kebali kabel Power komputer anda dan coba nyalakan komputer.

Dengan cara ini anda sudah melakukan Reset BIOS. Cukup mudah bukan, anda juga bisa merese BIOS dengan pin clear CMOS. Pin ini terkadang ada dua atau tiga. Intinya hubungkan pin tersebut beberapa detik dan kemudian lepaskan kembali seperti awalnya. Nah, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan di kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat khususnya untuk anda yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *