Budidaya Ikan Bawal serta Perawatannya

By | June 3, 2018

Ikan bawal yaitu type ikan air tawar yang gampang diketemukan. Beternak ikan bawal begitu gampang sekalian begitu untungkan meskipun untuk pemula. Karna harga ikan bawal yang ekonomis, dan diperlukan banyaknya orang jadikan keinginan senantiasa datang, terlebih searang tersedia banyak resep ikan bakar bawal yang telah menjalar.

Seperti kita kenali bawal yaitu predator ikan air tawar yang beberapa orang katakan datang dari satu diantara sungai di amazon di negera brazil. Bentuk dari ikan ini nyaris serupa dengan ikan pemangsa piranha yakni mempunyai tubuh yang pipih dengan warna abu-abu perak diatas tubuhya dan di padu dengan warna orange dibagian bawah tubuhnya.

Ciri beda dari ikan ini yaitu mempunyai lubang hidung yang termasuk besar di gabungkan dengan gigi tajam has ikan carnivora biasanya. Ikan bawal biasanya lebih sukai tidak mati bergerombol dengan makanan intinya yaitu udang, siput, katak, serta sebagian type ikan-ikan kecil dibawah ukuran badannya.

Untuk lakukan perawatan, cukup sediakan saja makanan ikan bawal agar cepat besar. Banyak yang telah sediakan type pakan ikan ini, baik alami ataupun telah jadi pelet. Di bawah ini beberapa langkah budidaya ikan bawal :

1. Persiapan awal

Dalam step persiapan awal langkah Budidaya Ikan Bawal yaitu menyiapkan sebagian bahan serta alat pendukung untuk budidaya ikan bawal di kolam terpal bisa kalian lihat di Tamantropis.com. Beberapa alat yang kita sediakan dapat seperti Terpal, Alat hisap serta buang air, Pipa, lem pipa. Sebagian alat ini dapat di pakai untuk persiapan pembuatan di kolam terpal jika menginginkan buat kolam buatan dari besi atau kayu tinggan berikan persiapan untuk buat kolam itu seperti pemotong bambu serta sebagian paku untuk buat kolam dengan batasan kayu. atau sekrup/las/pemasang skrup jika juga akan menggunakan kolam besi yang dapat bongkar-pasang.

2. Persiapan Lahan Budidaya

Persiapan setelah itu yaitu persiapan untuk lahan budidaya si ikan. Terdapat banyak pilihan untuk pilih lahan budidaya ikan bawal yakni lahan besar untuk kalian yang memanglah mempunyai lahan besar supaya dapat menyimpan banyak bibit ikan bawal. Dapat pula lahan terbatas seperti pekarangan tempat tinggal atau lahan terbatas di tempatmu. Buat persiapan lahan dengan baik seperti jika menginginkan memakai kerangka bambu atau besi untuk kolam terpal alangkah sebaiknya di buat dengan baik serta rapi supaya tak ada rembesan air atau kebocoran dalam kolam terpal yang kelak juga akan kita budidayakan bawal di dalamnya.

3. Persiapan Benih/Bibit

Step setelah itu yaitu persiapan benih. Dalam persiapan benih sebenarnya nyaris sama juga dengan persiapan bibit pada ikan lainnya yakni sediakan bibit unggul untuk ikan bawal. Umumnya ukuran bibit ikan bawal sekitaran 5 – 8 cm. Diluar itu juga upayakan bibit di upayakan supaya di karantina terlebih dulu sepanjang lebih kurang 2-3 hari supaya benih dapat menyesuaikan pada lingkungan baru.

4. Persiapan pakan Ikan

Setelah itu yaitu persiapan pada pakan ikan bawal. Sebenarnya untuk persiapan ini mencakupi cuma beli pakan ternak yang dapat di beli di toko yang sediakan pakan untuk ikan bawal tersebut dengan juga sebagian makanan pendukung seperti vitamin atau yang lain. Dapat pula kita menyiapkan makanan organik maupun tumbuhan yang memanglah disenangi oleh ikan bawal.

5. Cara membuat kolam

Masuk dalam step pembuatan kolam, di sini kita buat kolam dengan ukuran yang cukup untuk mencukupi jumlah bibit ikan bawal. Ukuran yang umum di gunakan yaitu 7×10 mtr. dengan kedalaman air 110-140cm yang umumnya cukup untuk menyimpan 3500 ekor benih bawal. Untuk ukuran serta kedalaman dapat kembali di cocokkan dengan jumlah bibit yang juga akan kita

6. Langkah buat saluran air masuk

tahap selanjutnya yaitu saluran air masuk, di sini kita buat saluran air masuk yang mempunyai peranan jadi pengairan paling utama untuk si kolam. Baik dalam pengairan awal maupun kelak saat telah panen maupun perubahan air. Dalam buat pengairan saluran air masuk sebenarnya dapat flexibel sesuai sama sumber air yang juga akan di buat. Jika kolam ada di kaki gunung semakin lebih gampang buat saluran air masuk dengan buat jalur air masuk dari sumber air memakai pipa maupun dapat berbentuk jalur coran tembok. Walau demikian jika memanglah datang dari penyedia air pemerintah atau yang lain dapat memakai pompa air serta selang/pipa yang di tujukan dalam kolam yang telah kita sediakan barusan.

7. Langkah buat saluran pembuangan air

Nyaris sama juga dengan pembuatan saluran air masuk, di sini kita buat saluran air buang untuk menolong dalam kuras maupun ganti air saat usai panen maupun di kondisi yang memanglah sangat mungkin.
langkah membuatnya cuma cukup memberi jalur air di pinggir pojok kolam dapat sejumlah 1, 2 maupun 3 sesuai sama keperluan dari kolam yang kita buat. Upayakan pakai saringan di jalur buang air supaya jika ada ikan yang tersisa akan tidak turut terbuang dengan air yang juga akan kita buang.

8. Langkah buat sarana kolam

tahap selanjutnya yaitu sarana kolam, untuk step ini tidaklah perlu sangat diperhatikan karna sarana kolam cuma untuk penunjang kolam maupun penunjang kita dalam pelihara ikan bawal atupun dalam kelak memanen ikan bawal. Sarana yang dapat kita siapkan yaitu seperti tempat pemberi pakan serta sebagian sarana pendukung yang lain.

9. Step pengendapan

Ditahap ini kita di haruskan untuk mengendapkan sebagian ramuan spesial untuk buat pakan organik/alami untuk benih ikan bawal. Langkahnya lewat cara memasukan tanah serta kotoran hewan dalam karung dengan di lubangi di tiap-tiap jarak 8-10 cm memakai paku. Lantas input dalam kolam serta upayakan si karung yang diisi tanah serta kotoran hewan ada didalam air serta terbenam. Kemudian biarlah sepanjang 3-4 hari supaya didalam kolam tumbuh plankton-plankton yang disebut pakan alami dari ikan yang buat ikan terasa ada didalam habitatnya sendiri.

10. Step Pengisian air

Lanjut dalam step selanjut yakni langkah pengisian air awal untuk kolam, di sini isi kolam dengan air memakai jalur pengisian air yang telah kita sediakan. Isi air dalam kolam sesuai sama kedalaman yang telah disiapkan yakni lebih kurang pada 110-140cm. Atau dapat pula cocokkan dengan jumlah benih yang juga akan kita tebar kelak. Butuh diperhatikan masalah suhu yang juga akan di input dalam kolam, upayakan suhun tengah kolam yang umum di pakai budidaya banyak ikan.

Jika suhu air di daerah mu termasuk juga dingin biarlah terlebih dulu air yang telah disiapkan supaya suhu tidaklah terlalu dingin. Bila telah tidak dingin baru teruskan ke langkah setelah itu yakni penyebaran benih

11. Step penyebaran benih

Step penyebaran benih yaitu step yang paling gampang yakni cukup tebar benih dalam kolam yang telah kita sediakan. Masuka benih yang telah di karantina di kolam beda dalam kolam yang telah diisi plakton yang telah kita sediakan barusan dengan perlahan-lahan. Input benih ikan bawal dengan bertahap supaya si ikan tidak stres dalam perpindahan kolam.

12. Pemberian Pakan ikan

Masuk dalam step pemberian pakan, untuk awal pembenihan biarlah ikan-ikan tidak diberi makan sepanjang 2 hari karna ikan bawal juga akan makan plankton-plankton yang telah kita sediakan di kolam yang telah kita sediakan barusan. Jika telah tampak kalau si ikan bawal kelaparan untuk benih awal beri 1-2x satu hari dengan jumlah yang sedikit supaya si benih tidak kelaparan.

Karna basicnya ikan ini yaitu predator, saat tumbuh besar ikan ini juga akan jadi ikan yang rakus oleh karenanya beri makan 2-3x dalam sehari hingga tampak ikan ini cukup kenyang. Janganlah dibiarkan ikan ini kelaparan karna tidak tutup peluang ikan ini juga akan menelan rekannya jika tengah kelaparan.

13. Perawatan Ikan

Dalam step perawatan ikan di sini kita cuma di haruskan untuk lihat dengan cermat untuk kondisi air dan keadaan si ikan. Jangan pernah air kolam kita terkontaminasi zat atau cairan yang dapat membawa penyakit maupun toksin untuk ikan kita. Diluar itu juga jika temukan ikan yang terjangkit penyakit atau parasit semakin lebih baik pisahkan dengan ikan yang lain.

14. Pemberian vitamin serta makanan pendukung

Di sini kita diwajibkan memberi vitamin ataup makanan pendukung yang dapat menolong perkembangan ikan bawal untuk tumbuh lebih cepat maupun mempunyai bobot yang berat. Vitamin serta makan pendukung ini dapat di beli di toko maupun tempat pakan hewan ternak maupun ikan di kota kalian.

15. Panen Ikan Bawal

Step ini yaitu step yang memanglah di bebrapa tunggulah oleh beberapa pengembang biak yakni step panen ikan bawal. Dalam langkah memanen ikan bawal sebenarnya dapat keseluruhannya maupun beberapa. Walau demikian lebih di sarankan untuk memanen keseluruhannya. Tapi bila menginginkan beberapa dapat memakai langkah menyortir terlebih dulu ukuran si ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *